Rabu, 01 April 2020

Mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk kunjungi Industri Pangan CV Bagus Agriseta dan Madu Batu di Kota Batu


Kunjungan mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk ke CV Bagus Agriseta dan Madu Batu merupakan kegiatan kuliah kerja lapangan. Mahasiswa dapat melihat secara langsung di lapangan terkait industry pengolahan pangan, khususnya pengolahan buah menjadi berbagai olahan panganan menarik dan pengolahan madu menjadi berbagai olahan pangan yang sehat.

“Kunjungan ke industri pangan ini dipilih karena merebaknya usaha kuliner di saat ini, dengan mengunjungi secara langsung industri pangan ini diharapkan mahasiswa dapat berinovasi dengan sumber daya alam di kota Nganjuk. Selain itu, Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini diadakan untuk menunjang teori dari mata kuliah Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia, Kewirausahaan dan Perekonomian Indonesia” jelas Wakil Ketua I, Dr.H. Suharto, M.Kes yang juga membimbing langsung mahasiswa perserta Kuliah Kerja Lapangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa dibekali dengan teori mengenai materi SDA/SDM, Kewirausahaan dan Perekonomian Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga mendapat pengarahan langsung mengenai aturan, tata tertib dan alur pelaporan kegiatan oleh Kaprodi Pendidikan Ekonomi. Kegiatan berlangsung selama satu hari yang didampingi oleh Erdyna Dwi Etika, Kaprodi Pendidikan Ekonomi dan Reza Dimas PP, Kepala Laboratorium STKIP PGRI Nganjuk ini  berlangsung tertib dan lancar.


Kunjungan pertama Mahasiswa adalah CV Bagus Agriseta . CV Bagus Agriseta merupakan Industri pangan yang berbahan dasar buah. Mahasiswa diperlihatkan secara langsung cara pembuatan, pengemasan sampai dengan pemasaran. Selain melihat langsung, mahasiswa juga dilatih untuk praktek secara langsung untuk membuat dan mengemas produk yang didampingi oleh karyawan CV Bagus Agriseta. Mahasiswa pun diperkenankan untuk membawa hasil karya mereka untuk dibawa pulang. Tidak sampai disitu saja, kegiatan selanjutnya adalah presentasi materi oleh CV Bagus Agriseta. Dalam presentasi tersebut, mahasiswa sangan antusias dalam mendengarkan penjelasan mengenai CV Bagus Agriseta terbukti dengan lebih dari 5 mahasiswa yang melakukan tanya jawab dengan pihak CV Bagus Agriseta. Terakhir kegiatan adalah mahasiswa diperlihatkan bagaimana CV Bagus Agriseta memasarkan produk mereka.



Kunjungan kedua dilaksanakan di Madu Batu di Kota Batu. Dalam kunjungan ini mahasiswa disambut dengan pemaparan materi oleh staf Madu Batu. Proses pemaparan materi berlangsung interaktif karena pemateri juga mengaitkan teori dengan kondisi nyata. Materi yang disampaikan adalah pengenalan madu batu, teori pemasaran dan prakteknya serta bagaimana cara melakukan kerja sama dengan dinas-dinas terkait dalam pelaksanaan pemasaran produk. Setelah pemaparan materi, mahasiswa diajak untuk secara langsung melihat lebah dan mendengarkan secara langsung bagaimana cara berternak lebah. 


Disqus Comments