Senin, 30 Maret 2020

Dimas Reza, Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang Aktif Berorganisasi dan Berprestasi Sabet Juara Duta Genre (Generasi Berencana) 2020



Dua pekan yang lalu tepatnya Minggu, 15 Maret 2020 Kabupaten nganjuk dibawah naungan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nganjuk menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2020 yang bertempatkan di Pendopo Pemkab Nganjuk. Generasi Berencana adalah sebuah program yang dapat dijadikan sebagai ajang untuk menyebarkan “virus” kebaikan tentang generasi berencana di kalangan generasi muda yang lebih positif secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengembangkan karakter bangsa, pengetahuan, sikap dan perilaku yang berintegritas baik di masyarakat luas maupun lingkungan kampus.
Sebelum dinobatkan sebagai juara dan menjadi Duta Genre 2020 Kabupaten Nganjuk, Dimas telah melewati serangkaian tahapan yang dimulai dari seleksi tahap awal administrasi dan wawancara yang berhasil menjadikannya masuk dalam 20 besar. Setelah itu masuk ke tahapan selanjutnya untuk mengikuti tes seleksi wawancara, presentasi dan tes tertulis. Dalam seleksi itu Dimas berhasil lolos masuk dalam 10 besar dan dilakukan karantina selama dua hari untuk kembali mengikuti beberapa serangkain tes lain nya, salah satunya adalah tes bakat. Di akhir kegiatan karantina diumumkan siapa saja yang berhak lolos dan mengikuti grand final 5 besar dengan berbagai macam tes, diantaranya tes sosialisasi di depan juri dan audience serta menjawab pertanyaan study kasus. Dari semua rangkaian seleksi yang telah dilakukan, akhirnya berhasil menjadikan Dimas sebagai juara 3 Duta Genre 2020 Kabupaten Nganjuk. Dalam acara grand final tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidayat, S.Sos, MM, beliau menyampaikan harapan bagi duta terpilih dapat bermitra kerja dengan PPKB dan Pemerintah Daerah sebagai contoh positif generasi muda dalam mensosialisasikan dan ikut serta membantu menyebarluaskan info tentang kesehatan reproduksi remaja. Pemilihan Duta Genre sudah dipersiapkan dari awal yang didampingi oleh dosen-dosen yang berkompeten di STKIP PGRI Nganjuk. Saya berharap dan menghimbau kepada mahasiswa supaya tidak hanya bisa menguasai teori perkuliahan dan mengerjakan tugas kampus saja, namun mereka juga harus mampu berkarya untuk mengembangkan bakatnya dan memberikan kontribusi yang positif sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk,” ujar Ketua STKIP PGRI Nganjuk Dr. Vera Septi Andrini, M.M.






Dimas Reza Febry Pratama merupakan perwakilan dari STKIP PGRI Nganjuk yang berhasil menyabet juara kemenangan Duta Genre 2020. Pesan Dimas sebagai Duta Genre untuk masyarakat khususnya bagi semua remaja di Kabupaten Nganjuk adalah “Mari jadikan Nganjuk lebih maju dengan remaja yang sehat, cerdas dan berprestasi dengan cara menjauhi Triad KRR, yaitu: Hindari seks pra nikah, hindari pernikahan dini, dan hindari Napza. Mari raih prestasi dan masa depan demi Indonesia Emas 2045”. Dimas yang sedang menempuh study-nya di Program Studi Pendidikan Ekonomi semester IV merupakan Ketua Sema yang aktif berorganisasi, berprestasi dan selalu memprioritaskan kuliah menjadi yang pertama meskipun banyak kegiatan lainnya. “Sebagai Ketua Sema sebisa mungkin saya mengontrol organisasi dengan tidak mengganggu jam kuliah saya, sedangkan untuk kegiatan di luar kampus pertama kali yang menjadi pertimbangan adalah situasi dan estimasi waktu, jika dianggap tidak mengganggu maka selagi ada peluang untuk berkarya dan berprestasi ya ambil saja, jadi bagi anak muda jangan takut untuk terus berusaha demi masa depan diri sendiri, keluarga, dan bangsa. Pesan dari kedua orang tua yang selalu saya pegang adalah mereka selalu berkata “kalau kamu mampu mendirikan sholat tepat 5 waktu maka urusan duniamu akan tertata dan tidak berantakan”, ujar Dimas mahasiswa kelahiran Nganjuk 21 tahun yang lalu di akhir percakapan. (Imega)
Disqus Comments