Rabu, 22 April 2020

SKRIPSI DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI TERARSIP RAPI DI MENU DIGITAL E-SKRIPSI



Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan dalam kajian bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi bertujuan supaya mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Negara lain, seperti Australia menggunakan istilah thesis untuk penyebutan tugas akhir dengan riset untuk jenjang undergraduate (S1), postgraduate (S2), Ph.D. dengan riset (S3) dan disertation untuk tugas riset dengan ukuran yang kecil baik undergraduate (S1) ataupun postgraduate (pascasarjana), sedangkan di Indonesia skripsi untuk jenjang S1, tesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3. Dalam penulisan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh satu atau dua orang pembimbing yang berstatus dosen pada perguruan tinggi tempat mahasiswa kuliah. Untuk penulisan skripsi yang dibimbing oleh dua orang, dikenal istilah Pembimbing I dan Pembimbing II. Biasanya, Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan bila dibanding dengan Pembimbing II.
            Mekanisme pengajuan skripsi oleh mahiswa Prodi Pendidikan Ekonomi di STKIP PGRI Nganjuk yang pertama kali dilakukan adalah mengajukan judul ke perpustakan. Kepala perpustakan yang dibantu oleh staff-nya mendeteksi dan mengidentifikasi apakah judul yang diajukan sudah pernah diusulkan sebelumnya atau belum. Apabila judul belum pernah diajukan maka akan di acc oleh perpustakaan, lalu mahasiswa melanjutkan konsultasi ke pembimbing. Proses bimbingin di lakukan secara intensif dan bersifat timbal balik setelah itu dilanjutkan dengan ujian seminar proposal, dan sidang skripsi yang dihadiri oleh pembimbing serta penguji. Tahap akhir dari serangkaian proses skripsi adalah yudisium. Pada saat yudisium mahasiswa menyerahkan soft file skripsi ke perpustakaan, lalu mahasiswa mendapatkan tanda terima penyerahan soft file skripsi. Syarat pengambilan ijazah pada saat wisuda di STKIP PGRI Nganjuk mahasiswa wajib menyerahkan 2 exemplar skripsi ke perpustakan dan setelahnya mahasiswa akan mendapatkan bukti bebas perpustakaan sebagai syarat untuk pengambilan ijazah.
             Pada tahun 2017, perpustakan STKIP PGRI Nganjuk meningkatkan fasilitas melalui pengadaan E-skripsi untuk mengarsipkan skripsi-skripsi mahasiswa secara digital dan online sehingga mudah di akses dimana saja dan kapan saja. E-skripsi ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh civitas akademika STKIP PGRI Nganjuk terkait skripsi mahasiswa yang sebelumnya tidak bisa terakses dengan cepat karena bersifat paperless, sehingga dengan adanya e-skripsi maka sangat membantu dan bisa digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa lainnya. Berikut adalah e-skripsi tahun 2017 dan 2018. (Imega)



Disqus Comments