Senin, 20 April 2020

MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI NGANJUK SIAP MENGABDI UNTUK MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KKN-PPM




KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen dan masyarakat setempat yang menjadi sasaran lokasi desa KKN. Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap Perguruan Tinggi (negeri maupun swasta) untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
STKIP PGRI Nganjuk mengadakan program KKN tanggal 28 Januari 2020 sampai dengan tanggal 24 Februari 2020  yang di laksanakan di dua kecamatan yakni kecamatan Wilangan dan kecamatan Sawahan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester VII STKIP PGRI Nganjuk, tak terkecuali mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Mahasiswa yang berada di wilayah kecamatan Wilangan berfokus pada tiga desa diantaranya Desa Wilangan, Desa Ngadipiro dan Desa Sudimoroharjo,  sedangkan mahasiswa yang berada di wilayah kecamatan Sawahan ada di tiga desa yaitu Desa Sidorejo, Desa Duren dan Desa Margopatut.
Program kerja yang dilakukan mahasiswa selama KKN tidak terlepas dari kegiatan sosialisasi dan diskusi dengan masyarakat bahkan perangkat desa. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan yang ada di desa sehingga mahasiswa dapat memberikan kontribusi terhadap masalah-masalah masyarakat di lapangan.



Program kedua yang harus dikerjakan terkait dengan pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar untuk anak-anak di berbagai jenjang pendidikan yang membutuhkan pendampingan dalam belajar di desa sasaran. Program ketiga yang dimasukkan dalam program kerja yaitu penyuluhan kesehatan yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan kepada masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat yang direpresentasikan dalam kegiatan posyandu maupun senam bersama di desa sasaran, melakukan kegiatan yang dapat menambah nilai ekonomis untuk ibu-ibu rumah tangga lainnya dengan cara membuat kerajinan atau produk olahan makanan, serta kegiatan reboisasi dan penghijaun dengan cara penanaman pohon. Tanggapan masyarakat terhadap kehadiran mahasiswa KKN sangat positif, hal ini di buktikan dengan keikutsertaan masyarakat secara kooperatif dalam setiap kegiatan yang ada di program kerja KKN mahasiswa.


Adapun manfaat kuliah kerja nyata, antara lain :

1. Bagi Mahasiswa:
  1. Mendapatkan pemaknaan dan penghayatan mengenai manfaat ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni bagi pelaksanaan pembangunan masyarakat setempat.
  2. Ketrampilan dalam merumuskan serta memecahkan persoalan yang bersifat “cross sectoral” secara pragmatis ilmiah dengan pendekatan interdisipliner.
  3. Tumbuhnya rasa kepedulian sosial dan rasa kesejawatan yang tinggi di masyarakat sebagai mahluk sosial.
2. Bagi Masyarakat dan Pemerintah:
  1. Pemberian bantuan pemikiran dan tenaga dalam pemecahan masalah pembangunan daerah setempat.
  2. Pola pikir dalam merencanakan, merumuskan, melaksanakan berbagai program pembangunan, khususnya dipedesaan yang kemungkinan masih dianggap baru bagi masyarakat setempat.
  3. Tumbuhnya dorongan potensi dan inovasi di kalangan anggota masyarakat setempat dalam upaya memenuhi kebutuhan lewat pemanfaatan ilmu dan teknologi.
3. Bagi Perguruan Tinggi:
  1. Melalui mahasiswa/ dosen pembimbing, diperoleh umpan-balik sebagai pengayaan materi kuliah, penyempurnaan kurikulum, dan sumber inspirasi bagi suatu rancangan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang lain atau penelitian.
  2. Diperolehnya bahan masukan bagi peningkatan atau perluasan kerjasama dengan pemerintahan setempat, termasuk dengan instansi vertikal yang terkait.
  3. Sebagai mitra untuk melaksanakan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat terkait kewajiban dosen dalam pemenuhan tri dharma.
Adapun Materi dan Pedoman KKN dapat dilihat dan diunduh disini
Disqus Comments